BUDAYA FLOBAMORA

Berbagai Jenis Kerajinan Tangan Khas NTT...



        Kupang tidak hanya memiliki kekayaan alam yang indah dan kulinernya yang mengugah selera. Kupang juga memiliki kerajinan tangan yang beraneka ragam dan motif. Jangan sampai ketinggalan untuk melihat kerajinan tangan khas kupang. Berikut adalah beragam kerajinan tangan khas kupang.


1. Kain Tenun NTT


        Kain Tenun NTT adalah kain yang dibuat dari proses menenun oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Tenun sendiri merupakan kegiatan membuat kain dengan cara memasukan benang pakan secara horizontal pada benang-benang lungsin, biasanya telah di ikat dahulu dan sudah dicelupkan ke pewarna  alami. Pewarna alami tersebut biasanya dibuat dari akar-akar pohon dan adapula yang menggunakan dedaunan. Namun sekarang zaman semakin berkembang sehingga banyak orang yag sudah menenun menggunakan pewarna yangdi beli di toko.



2. Kalung Muti

      Kalung Muti dengan warna khas oranye hingga merah gelap telah menjadi perhiasan khas Nusa Tenggara Timur yang dikenakan dileher sebagai kalung. Terbuat dari manik-manik tradisional antik sebesar biji jagung yang dirangkai secara sederhana. Manik-manik ini berasal dari batu alam berharga dari masa silam, sehingga kini harga perhiasan ini begitu mahal. Namun ada juga argumentasi bahwa perhiasan ini pernah dibuat di Eropa dan di bawa oleh para pedagang.



3. Kerajinan Kayu Cendana


      Tidak hanya Bambu yang digunakan untuk membuat kipas tapi Kayu Cendana juga digunakanuntuk membuat kipas dan manik-manik lainnya. Kayu cendana memberikan wangi yang khas sehingga bisa dibuat untuk pengharum ruangan. Untuk memperoleh kerajinan dari kayu cendana ini cukuplah mudah, ada banyak toko  oleh-oleh yang menjual kerajinan ini.


4. Tas Tenun

     Selain kain tenun kupang juga memproduksi macam kerajinan dari tenunan salah satunya Tas tenun. Hasil implementasi ini menjadi kerajinan yang sangat elegan dan unik. Pantas saja jika banyak wisatawan yang tertarik pada kerajinan ini. Dengan mutu harga yang oke, tas tenun ini bisa dijadikan oleh-oleh maupun koleksi sendiri untuk mempercantik tampilan.



5. Sasando


      Sasando adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan dipetik. Instrumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, secara harfiah nama sasando menurut kata asalnya dalam bahasa Rote yaitu sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Bunyi sasando ada miripnya dengan alat musik dawai lainnya seperti gitar, biola, kecapi, dan harpa.






6. Tilangga   


        Tilangga adalah sejenis topi bertepi lebar yang terdapat dikepulauan Rote, Indonesia bagian Timur. Ciri khas topi ini adalah adanya semacam cula yang aneh mirip  unikorn setinggi 40 sampai 60 sentimeter atau hiasan jambul yang melekat di bagian depan. Cula/jambul tersebut sering disebut dengan istilah ' antena' yang mempunyai sembilan tingkat. Tilangga adalah identitas budaya dari kepulauan Rote.






................................................................................................................................................................... 
   











Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA FLOBAMORA PAKAIAN ADAT

Bendungan Raknamo Kupang NTT