Oleh-oleh Khas NTT

 Ragam Oleh-oleh Khas NTT



            Nusa Tenggara Timur menawarkan berbagai  kekayaan yang sangat pas untuk menghabiskan waktu libur. Selain pemandangan alam yang indah dan kulinernya yang beragam Kupang juga memiliki kerajinan yang beragam dan unik dan cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh.
berikut oleh-oleh khas kupang:


1. Kain Tenun.


     Selain kuliner yang menggugah selera, kupang juga memiliki ragam kerajinan tenun. Salah satunya adalah kain tenun yang dibuat oleh penduduk asli kupang. Untuk membuat satu kain tenun saja membutuhkan waktu yang cukup lama. Kain tenun khas kupang memiliki banyak motif dan variasi dan banyak juga motif-motif daerah.




2. Abon Sapi.



    Selain Deng-deng makanan olahan dari daging sapi berikutnya adalah Abon sapi. Abon sapi kupang memiliki rasa tidak kalah dari wilayah lain diIndonesia. Dengan teksure yang lembut dan rasa yang lezat, abon sapi ini bisa kamu tambahkan kedalam berbagai jenis makanan seperti nasi panas,bubur,nasi goreng,hingga nasi kuning.Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan menggoda selera.





3.Kopi Flores.



      Kopi Flores memiliki aroma yang semerbak dari bunga,karamel,hingga kacang-kacang. Cita rasa kopi ini cenderung manis dengan perpaduan coklat dan karamel menjadi satu. Sensasi khas tembakau dari kopi flores terjadi karna adanya iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia yang berpengaruh terhadap kondisi lingkungan serta tanah. Perbedaan ini kemudian akan menghasilkan pertumbuhan kopi yang sedikit berbeda dengan daerah lainnya.


4. Jagung Titi.

       Jagung titi merupakan salah satu camilan khas NTT yang cukup diminati. Seperti namanya panganan ini berbahan dasar jagung lokal NTT yang ditumbuk hingga menjadi pipih (titi). Rasa camilan ini gurih walaupun tanpa tambahan bumbu seperti penyedap lain atau garam. Tekstur yang renyah membuat jagung titi cocok untuk jadi teman minum kopi dan camilan saat santai.





5. Tas Tenun.

        Selain kain tenun kupang juga memiliki kerajinan tas tenun. Tas tenun ini memiliki aneka bentuk dan warna.Untuk pembuatan tas tenun juga memakan waktu yang cukup lama. Namun hal tersebut tidak mempengaruhi harga tas tenun ini. Oleh karena itu tas tenun ini bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk keluarga ataupun saudara anda.





6. Sambal Lu'at

        Sambal Lu'at adalah sambal khas Nusa Tenggara Timur. Campuran cabai rawit atau cabai khas NTT dengan daun kemangi daun siba dan jeruk nipis membuat rasa sambal inisangat pedas dengan menyisakan cita rasa asam dari jeruk nipis namun menyegarkan dari pengaruh daun kemangi dan daun siba.




7. Jagung Goreng


         Jagung goreng adalah camilan yang berbahan dasar jagung. Proses pembuatan jagung goreng ini sangat mudah dan tidak sulit. Jagung yang awalnya mentah dimasak lalu dijemur di panas matahari agar kering. Setelah jagung kering maka jagung akan digoreng kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu. Jagung goreng khas kupang biasa dibuat dengan berbagai varian rasa ada rasa pedas, manis, asin. Jagung goreng ini juga biasanya dicampur dengan udang kering.



8. Tilangga

    
      Selain Peci khas kupang topi Tilangga ini  juga patut dibeli. Keunikan tilangga ini terletak dari bahan pembuatannya yaitu menggunakan anyaman Daun Lontar tentu beda dengan topi umumnya. Tilangga ini bisa kamu peroleh dengan harga 75 ribu saja lho. Topi Tilangga juga tersedia yang berbentuk bundar. Tilangga ini cocok untuk dipakai ke pantai dan ke tempat wisata lainnya.








Jalan-jalan ke Kupang? Pulang wajib bawa oleh-oleh khas Kupang....!!!


         
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA FLOBAMORA PAKAIAN ADAT

Bendungan Raknamo Kupang NTT

BUDAYA FLOBAMORA